Monday, June 27, 2016

19 Ramadhan 1437H - OBAT HATI, ada lima perkara

Bismillahirrahmanirrahim.

19 Ramadhan 1437H


Untuk kali ini mari sedikit mengingat penggalan lirik dari salah satu lagu yang dinyanyikan oleh Opick, Tombo Ati atau Obat Hati judulnya...

1. Baca Qur'an dan maknanya

Ramadhan tuh salah satu momen special yang amat teramat sangat sayang sekali jika harus dilalui tanpa adanya 'sesuatu' yang berbeda dengan bulan lainnya, dalam hal ini membaca Al Qur'an misalnya. Umumnya ketika tiba bulan Ramadhan tuh sebagian orang membuat targetan Ramadhan, termasuk targetan khatam Al Qur'an. Nah, sama-sama mengingatkan yaaa.. alangkah baiknya yang dikejar tuh bukan hanya targetan khatam Arabnya saja, tetapi juga terjemahannya. Karena kurang gimanaaa gitu yaaa kalau misalnya kita rajin baca tetapi ngga tau arti atau maknanya.. #ntms

2. Shalat malam dirikanlah

Berkaitan dengan shalat malam pada bulan Ramadhan, baik tarawih-witir ataupun tahajjud tuh sebenarnya lebih memungkinkan untuk dilakukan pada bulan ini. Tahajjud misalnya, sebelum sahur tuh kan kita bisa menunaikan shalat yang paling ngga dua rakaat ajaaa. Sehingga untuk tahajjud, pada bulan Ramadhan ini memang lebih banyak peluang begitu sedikit alasan untuk tidak menunaikannya.. kecuali kesiangan ._.

3. Dzikir malam perpanjanglah

Sedikit mengingat perihal mengenai doa pada postingan kemarin, sungguh.. Allah tuh Memerintahkan kita sebagai hamba-Nya untuk terus dan terus berdoa serta banyak memohon pada-Nya, banyak-banyak mengingat-Nya serta senantiasa menyertakan-Nya dalam tiap langkah kaki kita. Karena bagaimanapun kita harus sadar bahwa DIA selalu Mengawasi diri kita ini. (!)

4. Perbanyaklah berpuasa

Nah, ini diaaa.. Bulan Ramadhan kan disebut juga bulan Puasa, karena salah satu ibadah wajib pada bulan ini adalah berpuasa selama satu bulan penuh kecuali adanya alasan syar'i yang membuat kita diperbolehkan untuk 'absen' berpuasa. Duh, ada yang kurang gitu yaaa kalau Ramadhan malah bolos puasa tak beralasan. Selain itu, jangan sampai puasanya jalan tetapi yang lima waktunya malah bolong atau berlubang. Innalillah.. semoga kita bisa memaksimalkan sisa Ramadhan tahun ini. Aamiin.

5. Berkumpullah dengan orang shalih/a

Untuk poin terakhir ini, sekedar mengingatkan saja bahwa Ramadhan tuh biasanya dijadikan momen untuk berkumpul bersama siapapun itu. Nah, jangan sampai momen kumpul itu berlalu dengan sia-sia. Boleh aja ikut agenda bukber sana-sini, tetapi jangan sampai justru melalaikan apa yang menjadi kewajiban kita seperti misalnya ketika bukber tapi malah maghribannya bablas begitu saja. Astaghfirullah :'

Jadi, maksud berkumpul dengan orang shalih/a disini adalah mereka yang masih tetap mengingatkan dalam kebaikan. Ngga harus yang sempurna atau gimana-gimana karena pada hakikatnya manusia itu ngga ada yang sempurna, tetapi menyempurnakan diri bukan menjadi suatu hal yang salah kan? Oleh karenanya, jangan pernah segan untuk mengingatkan terutama dalam hal-hal yang mengarah pada kebaikan. Selama yang kita lakukan itu baik, mengapa harus takut?

Btw alhamdulillah hari ini bisa dipertemukan dengan orang-orang hebat yang cukup lama tak jumpa. Semoga aku, kamu, dia, mereka dan kita semua senantiasa berada dalam lindungan serta penjagaan-Nya. Allahumma aamiin.

SEMANGAT memanfaatkan sisa waktu di bulan Ramadhan! 👏✊💪💥

No comments:

Post a Comment