Sunday, June 18, 2017

Manfaatkan Sisa Waktu yang Kau Miliki

Bismillahirrahmanirrahim.


-
Hari 23
#RamadhanAsyik
#Ramadhan1438H

Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisi Rohimahulloh berkata:

"Manfaatkanlah  -semoga Alloh merahmatimu- hidupmu yang berharga ini, dan jagalah waktu-waktumu yang bernilai tinggi.

Ketahuilah bahwa jangka hidupmu terbatas dan napas-napasmu terhitung. Sebab, dengan setiap napas berkurang sebagian darimu.

Umur itu pendek, dan yang tersisa itu sedikit.

Setiap bagian dari umur adalah permata yang sangat berharga, yang tidak ada bandingannya dan tidak ada penggantinya.

Karena dengan kehidupan  yang singkat ini akan didapat keabadian dalam kenikmatan ataukah (keabadian) dalam adzab yang menyakitkan.

Apabila engkau bandingkan kehidupan ini dengan keabadian kelak, engkau akan tahu bahwa setiap hembusan napas sebanding dengan waktu yang lebih panjang dari 1000 x 1000 x 1000 tahun dalam kenikmatan yang tidak terbayangkan ataukah sebaliknya (dalam siksaan yang tak terperikan). Dan sesuatu yang keadaannya seperti ini tentunya tidak ada nilainya sama sekali.

Oleh karena itu, jangan engkau sia-siakan umurmu yang berharga ini tanpa amalan, dan jangan sampai engkau hilangkan tanpa dapat ganti.

Bersungguh-sungguhlah agar tidak kosong satu napas pun dari napas-napasmu kecuali dalam amalan ketaatan atau ibadah yang kamu mendekatkan diri (kepada Allah) dengannya.

Sesungguhnya engkau jika memiliki sebuah permata dari permata-permata dunia tentu apabila hilang akan menyedihkanmu. Lalu bagaimana bisa engkau sia-siakan waktumu !?

Bagaimana pula engkau tidak bersedih atas umurmu yang hilang tanpa dapat gantinya ?!"

📝 Diterjemahkan oleh Abu Zakaria Irham Al Jawiy -Waffaqohulloh-

Bismillah..
Allah memberikan waktu kepada manusia 24 jam. Orang yang hafal Al Qu'ran-pun diberikan waktu 24 jam. Orang yang kaya akan materi juga diberikan waktu 24 jam. Semua manusia, tanpa terkecuali-pun diberikan waktu yang sama yaitu 24 jam.

Pertanyaannya, dipergunakan untuk apa waktu selama 24 jam yang diberikan kepada kita itu?

Apakah untuk hal-hal yang bermanfaat atau justru untuk hal yang sia-sia? :(

Allah telah menciptakan malam agar manusia beristirahat dan siang untuk kembali beraktivitas. Atas Kuasa dan Kebesaran-Nya, semua itu telah DIA atur dengan sempurna. Hanya saja, sekali lagi, bagaimana dengan manusianya? :'

Waktu di dunia cepat sekali berlalu, dan itu semua tidak dapat kembali kita ulangi. Maka apabila diri kita ini salah jalan, yang ada nantinya justru penyesalan.

Dari Abu Barzah Al-Aslami, Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمْرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَا فَعَلَ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَا أَنْفَقَهُ وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَا أَبْلاَهُ

“Kedua kaki seorang hamba tidaklah beranjak pada hari kiamat hingga ia ditanya mengenai: (1) umurnya di manakah ia habiskan, (2) ilmunya di manakah ia amalkan, (3) hartanya bagaimana ia peroleh dan (4) di mana ia infakkan dan (5) mengenai tubuhnya di manakah usangnya.” (HR. Tirmidzi)

Allah menciptakan manusia untuk beribadah kepada-Nya, untuk mengabdi kepada-Nya. Oleh karenanya, manfaatkanlah sisa waktu yang masih tersedia untuk kita dengan sebaik-baiknya.

"Perbaikilah sisa-sisa harimu, maka Allah akan mengampuni masa lalumu. Manfaatkanlah sebaik-baiknya, karena engkau tidak tahu kapan engkau 'kan berpulang ke rahmatullah..." (Hasan Al Bashri)

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallah ‘alaihi wa sallam pernah menasehati seseorang,

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

"Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara (1) Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, (2) Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, (3) Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, (4) Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, (5) Hidupmu sebelum datang matimu." (HR. Al Hakim)

Maha Benar Allah dengan segala Firman-Nya.

No comments:

Post a Comment