Friday, June 9, 2017

Bersaing dalam Kebaikan

Bismillahirrahmanirrahim.

-
Hari 14
#RamadhanAsyik
#Ramadhan1438H
PERSAINGAN
-

Hasan Al Bashri rahimahullah, Seorang ulama besar yang ketakwaan beliau dianggap oleh beberapa pakar sangat mirip dengan sahabat Nabi SAW pernah bertutur:

"Barangsiapa yang berusaha menyaingi agamamu, maka berkompetisilah dan kalahkan dia, dan barangsiapa yang berusaha menyaingi duniamu, maka biarkanlah dia dengan dunia." (Adabul Hasan Al Bashri : 68)

Saudaraku, persaingan yang sehat itu dalam kebajikan.

ۖ فَٱسْتَبِقُوا۟ ٱلْخَيْرٰتِ 

"…Maka berlomba-lombalah (dalam berbuat) kebaikan." (QS. Al Baqarah : 148)

Ketertinggalan seseorang dalam kehidupannya ialah tertinggalnya ia dalam memenuhi panggilan kebaikan. Sesungguhnya, berlomba-lomba dalam sebuah kebaikan merupakan perilaku yang sangat dianjurkan.

Seperti apapun perkembangan zaman, seharusnya bisa semakin membuat seseorang lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu, dalam hal ini, peranan iman sangat diperlukan untuk menghadapi segala gejolak kehidupan.

Tidak ada manusia yang hidup tanpa persoalan, tetapi dengan persoalan tersebut bagaimana manusia dapat meningkatkan potensi kebaikannya yang nantinya dapat meningkatkan keimanan dalam dirinya.

Kebiasaan kita untuk saling berlomba, misalnya untuk bangun di tengah malam dan melakukan shalat malam, patut untuk kita pertahankan dan selalu istiqomah.

Marilah kita pacu semangat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, agar kebaikan itu muncul ke permukaan bumi. Sebab, apabila orang-orang baik tak tergerak untuk berbuat baik, maka sungguh nantinya keburukanlah yang akan hadir di kehidupan.

Janganlah mudah berpaling ke belakang dan mundur dari arena perlombaan ini. Tujuannya ialah tak lain, yaitu agar syiar kebaikan ini tumbuh dan berkembang ke seluruh penjuru dunia.

Yuk saling menasehati dalam hal-hal baik!

Jadi, sudah siap untuk berlomba dalam kebaikan? 

Maha Benar Allah dengan segala Firman-Nya.

-
Referensi dari KUTUB, disertai dengan tambahan (^^;)

No comments:

Post a Comment