Sunday, June 11, 2017

Karena Kita Butuh ALLAH

Bismillahirrahmanirrahim.

-
Hari 15
#RamadhanAsyik
#Ramadhan1438H

(Ketika kehilangan jaringan semalaman)

KITA butuh Allah
-
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ (الذاريات : ٥٦)

Artinya: "Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan hanya untuk beribadah kepada-Ku." (Adz-Dzariyat : 56)

Faidah dari Ayat ini :
  1. Kewajiban untuk mengesakan Allah dalam ibadah atas semua jin dan manusia.
  2. Penjelasan tentang hikmah penciptaan jin dan manusia.
  3. Allah sang Pencipta adalah zat yang satu-satunya berhak untuk diibadahi. Adapun selain Allah tidak berhak, karena tidak menciptakan apapun. Dalam ayat ini terdapat bantahan terhadap penyembah berhala dan semacam mereka.
  4. Penjelasan bahwa Allah tidak butuh terhadap makhluk-Nya dan makhluk sangat butuh kepada-Nya. Karena Allah adalah yang menciptakan makhluk, sedangkan makhluk diciptakan.
  5. Penetapan tentang bijaksananya perbuatan Allah subhanahu wa ta'aala.
-
kita ini butuh Allah,
kita butuh pertolongan-Nya,
kita butuh perhatian-Nya,
kita butuh kasih sayang-Nya,
dan benar.. kita butuh DIA
sedangkan ketika seseorang berhenti menunaikan apa yang menjadi kewajibannya sebagai seorang hamba, maka Allah masih mempunyai hamba lain-Nya yang boleh jadi lebih taat dari diri orang itu
Oleh karenanya..
tanpa Allah, kita bukanlah apa-apa
tanpa Allah, kita bukanlah siapa-siapa
tanpa Allah, kita tidak punya apa-apa yang boleh jadi menjadi kebanggaan dalam diri kita..
-
Pernahkah kita merasa bahwa kita ini seperti debt collector yang kejam? Kita datang hanya untuk memenuhi tugas kita saja.

Banyak sekali orang yang shalat, tetapi hanya ingin menunaikan kewajiban saja, agar dicap sebagai orang muslim. Tidak ada kesadaran bahwa sebenarnya, kitalah yang butuh shalat itu. Puasa kita, zakat kita, semua itu adalah untuk diri kita sendiri.

Allah tidak butuh ibadah kita, Allah nggak butuh buat disembah. Tanpa kita sembah dan tanpa ibadah kita, Allah tetap Agung.

Dalam Al Qur'an Allah SWT berfirman: "Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allah, dan Allah Dialah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji". (QS. Fatir : 15)

Selain itu, Allah SWT juga berfirman, "Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi-Ku makan. Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh". (QS. Adh Dhāriyāt : 56-58)

Melalui dua firman Allah tersebut, kita bisa tahu bahwa sebenarnya Allah tidak butuh untuk disembah ataupun diibadahi, tetapi kitalah yang membutuhkan semua itu.

Rasulullah bersabda, Allah SWT berfirman, "Wahai hambaKu, andai seluruh manusia dan jin dari yang paling awal sampai yang paling akhir menjadi orang yang paling bertaqwa, hal itu sedikitpun tidak menambah kekuasaanKu". (HR. Muslim)

Maka dari itu, janganlah kita merasa sombong dengan shalat kita, ibadah kita, sedekah kita. Bacalah istighfar, mohon ampunlah kepada Allah karena telah menganggap Allah lah yang membutuhkan kita.

Dalam surah Al Isrā' ayat 7 disebutkan bahwa "Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam masjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai."

(Sekali lagi)

...
Oleh karenanya..
tanpa Allah, kita bukanlah apa-apa
tanpa Allah, kita bukanlah siapa-siapa
tanpa Allah, kita tidak punya apa-apa yang boleh jadi menjadi kebanggaan dalam diri kita
Dan tanpa kita, DIA tetap menjadi Dzat Yang Begitu Luar Biasa
Ahh, kita ini memang bukan apa-apa...

#ntms (╥﹏╥)

Maha Benar Allah dengan segala Firman-Nya.

Referensi: Sebuah grup dan sebuah channel tele

No comments:

Post a Comment