Friday, June 16, 2017

Al Qur'an Kelak Akan Menjadi Penyelamat Kita

Bismillahirrahmanirrahim.

-
Hari 20
#RamadhanAsyik
#Ramadhan1438H

Lupa itu hanya alasan belaka, tapi kalau ngga ingat yaaa namanya juga manusia 
-
Lembaran Al-Qur'an masih bertumpuk, lebih bertumpuk lagi dosa-dosa yang ada, namun Ramadhan bersisa lagi dan perlahan pergi
Rindu jauh dari kata terpuaskan, jumpa belum lama, namun perpisahan sudah di depan mata, entah kapan lagi berjumpa
Saat dia datang kita menganggapnya masih lama pergi, di pertengahannya kita melalaikan, di akhirnya tersisa penyesalan
...
(Felix Siauw)
-
Marhaban ya Ramadhan, bulan yang penuh barakah dan waktu yang mulia untuk melakukan kebaikan, ibadah dan ketaatan. Orang mukmin yang benar dengan keimanannya, semua bulan baginya adalah waktu untuk beribadah, dan seluruh umurnya adalah waktu melakukan ketaatan. 

Pada bulan Ramadhan semangatnya berlipat ganda untuk melakukan kebaikan dan lebih bersemangat untuk melakukan ibadah, dan dia menghadap (sepenuh hati) kepada Rabb-Nya. Maka segerakan menunaikan amal-amal shalih di bulan yang agung ini dan mengisinya dengan apa yang Allah ridhai dan mendatangkan kebahagiaan saat bertemu dengan-Nya. 

Hendaknya seorang hamba meluruskan akhlaknya di bulan ramadhan agar meraih derajat keimanan yang tinggi dengan ketaatan kepada Allah Ta'ala yang direalisasikan dengan ibadah yang terbaik. Paling tidak ada beberapa perkara yang harus diseriusi orang-orang beriman didalam menjalankan ibadah puasa untuk memperoleh mahkota takwa, satu diantaranya adalah Tilawah Al-Qur’an.

Dengan membaca, mengkaji, dan mengamalkan Al-Qur’an maka akan menumbuhkan akhlak yang mulia. Ibnu Abbas r.a berkata:

‏ ﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﺟْﻮَﺩَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ، ﻭَﻛَﺎﻥَ ﺃَﺟْﻮَﺩُ ﻣَﺎ ﻳَﻜُﻮﻥُ ﻓِﻲ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺣِﻴﻦَ ﻳَﻠْﻘَﺎﻩُ ﺟِﺒْﺮِﻳﻞُ، ﻭَﻛَﺎﻥَ ﻳَﻠْﻘَﺎﻩُ ﻓِﻲ ﻛُﻞِّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ ﻣِﻦْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﻓَﻴُﺪَﺍﺭِﺳُﻪُ ﺍﻟﻘُﺮْﺁﻥَ، ﻓَﻠَﺮَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﺟْﻮَﺩُ ﺑِﺎﻟﺨَﻴْﺮِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺮِّﻳﺢِ ﺍﻟﻤُﺮْﺳَﻠَﺔِ ‏ 

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang paling pemurah, dan beliau lebih pemurah lagi pada bulan Ramadhan ketika ditemui oleh Jibril, dan Jibril menemuinya setiap malam di bulan Ramadhan kemudian mengajarkannya Al-Qur’an. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia menjadi manusia yang paling pemurah dengan kebaikan seperti angina yang berhembus” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam kitab Shahih Bukhari, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ 

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

Sudah tidak diragukan lagi, bahwasannya bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Qur'an. Dalam bulan ini banyak kaum muslimin atau muslimah yang giat dan rajin membaca Al Qur'an bahkan sampai menghatamkannya. Satu hal yang tidak kalah pentingnya, coba kita tanya kepada diri kita, apa tujuan kita membaca Al Qur'an?

Tujuan membaca Al Qur'an bisa terangkum dalam beberapa point betikut ini, diantaranya:
  • Mendapatkan pahala
  • Berinteraksi dengan Allah Ta'ala
  • Ingin mendapatkan kesembuhan
  • Ingin mendapatkan ilmu dari ayat yang kita baca
  • Ingin mengamalkan isi Al Qur'an
(Mafàtìhu tadabburil Quràn wa Najàhi fil hayàti, halaman 26, karya Dr. Kholid bin Abdul Karìm al Laahim)

-
Kawan, membaca Al Qur'an ayat demi ayat untuk mendapat pahala merupakan sesuatu yang dianjurkan. Namun, jangan sampai aqidah, ibadah, muamalah sikap dan akhlak kita jauh dari makna atau tuntunan ayat yang kita baca.

Hendaknya kita ingat bahwa Al Qur'an bisa jadi pembela kita di hari kiamat sebagaimana Al Qur'an bisa jadi bumerang bagi kita.

Jadi, seberapa banyak ayat dari surat cinta-Nya yang kita baca dan kita amalkan sampai dengan hari ini? #ntms

Maha Benar Allah dengan segala Firman-Nya.

No comments:

Post a Comment