Saturday, April 9, 2016

Inspirasi Menulis

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaykum.


"Temukan alasan mengapa Anda harus menulis; Lihatlah apakah dia telah mengakar dalam hatimu; Katakan pada dirimu bahwa Anda lebih baik mati daripada dilarang menuliskannya." - Rainer Maria Rilke.


Ini bukan tentang deadline. Ini bukan tentang ambisi. Ini bukan tentang hal berlebihan lainnya.
Rasanya ini lebih kepada salah satu mimpi yang terlambat disadari. Keinginan hati yang begitu tiada bertepi. Sekali lagi, ini bukan tentang ambisi. Melainkan hanya salah satu hal yang dapat dilakukan untuk saat ini. Semoga Allah senantiasa meridhai apapun yang menjadi pilihan diri. Aamiin.

"Jika ditanya, 'Bagaimana Anda menulis?' Saya akan menjawab, 'Satu demi satu kata.'" - Stephen King.

Pada saat kita mengumpulkan uang sedikit demi sedikit sampai akhirnya uang tersebut terkumpul membentuk bukit, lantas bagaimana dengan dosa? Perbuatan yang mungkin kita anggap sepele tiap harinya, mungkin saja sudah mulai menggunung *tertunduk*

Oleh karenanya, lekas bersiap untuk berbenah diri dengan melakukan segala macam kebaikan se-kecil dan se-sederhana apapun itu. Termasuk salah satunya adalah dengan mengucap serta menuliskan hal yang mengarah kepada kebaikan, tidak merugikan orang lain dan semoga justru membawa kebermanfaatan paling tidak bagi diri kita sendiri.

"Anda tidak bisa menunggu inspirasi. Anda harus mengejarnya dengan pemukul." - Jack London

Berbicara tentang pemukul, rasanya pernyataan tersebut yang paling ‘memukul’ malam ini.. *hening*

Sekarang ini jaman serba instan. Mulai dari makanan, minuman, bahkan segala macam kebutuhan bisa didapat dengan begitu mudah. Tetapi taukah, tidak semua hal di dunia ini bisa mudah didapat begitu saja. Masih banyak diantaranya yang membutuhkan perjuangan. Jika diri ini hanya mengharapkan segala macam hal yang serba mudah, maka diri ini tidak akan pernah merasakan betapa nikmatnya arti dari perjuangan. Catat. Cermati. Pahami. Terapkan. Selamat berjuang! :')

"Anda mendapatkan ide dari mengkhayal. Anda mendapatkan ide dari rasa bosan. Anda mendapatkan ide setiap saat. Perbedaan penulis dengan orang biasa adalah kita sadar saat kita melakukannya." - Neil Gaiman.

Baiklah, menulis itu bukan sekedar gurauan atau candaan. Karena hasil dari apa yang telah, sedang dan akan kita tuliskan nantinya dimintakan pertanggungjawaban. Salah satu catatan sebagai pengingat malam ini adalah bahwa dalam menulis, kita harus bisa jujur pada diri sendiri. Tulislah segala macam hal yang ingin kita tulis, bukan yang ingin mereka baca. Jangan terlalu dzalim pada diri sendiri karena bagaimanapun tiap manusia itu memiliki keterbatasan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Jangan memaksakan diri! Bangga menjadi diri sendiri serta maksimalkan seluruh kemampuan yang dimiliki, rasaya itu semua sudah lebih dari cukup. Terakhir, jangan sampai lupa untuk selalu menyertakan-Nya dalam setiap aktivitas kita. Semoga dimudahkan. Aamiin~

"Satu peluru hanya bisa menembus satu kepala, tapi satu telunjuk (tulisan) sanggup menembus jutaan kepala.." - Sayyid Quthb

Kurang dari 6 hari tersisa, semoga tidak justru dihabiskan untuk hal yang sia-sia.
SEMANGAT berburu inspirasi! (/ω\*)

Wassalamu'alaykum.

No comments:

Post a Comment