Tuesday, August 16, 2016

3 Modal Menjadi Blogger Sukses

Bismillahirrahmanirrahim.


Menjadi blogger sukses adalah sebuah pilihan. Ukurannya dapat berupa jumlah uang yang dihasilkan, popularitas, atau dampak positif yang dihasilkan (misalnya menginspirasi blogger lain yang belum sukses). Akan tetapi, tidak sedikit orang yang menganggap bahwa menjadi blogger sukses itu sulit. 



Jika Anda termasuk salah satu orang tersebut, buang jauh-jauh anggapan tersebut. Anda hanya butuh tiga modal berikut untuk menjadi seorang blogger sukses.



1. Pola Pikir Sukses



Pola pikir adalah kumpulan pikiran yang telah terpola dan tersimpan dalam pikiran bawah sadar. Oleh karena itu, modal pertama adalah memiliki pola pikir (mindset) sukses. 
Pola pikir sukses ini tidak sulit dicari. Anda tinggal mengambilnya dari para blogger sukses dalam negeri maupun luar negeri.



Contoh pola pikir blogger sukses adalah:
・Percaya diri
・Fokus pada kualitas
・Mencari tantangan



Jika Anda memiliki pola pikir sukses, segala sesuatu akan menjadi mudah. Sebagai contoh, Anda ingin mendapatkan Rp 50 juta per bulan dari blog Anda. Jika Anda percaya dapat meraihnya, Anda akan bergerak (melakukan tindakan) untuk mencapainya. Jika sebaliknya, Anda akan diam (tidak bertindak) karena kalah sebelum berperang. 



2. Kebiasaan Baik



Modal kedua adalah kebiasaan baik. Ini antara lain tidak menunda-nunda pekerjaan, sistematis, terorganisir, konsisten, terencana, dan beretika. Dengan kebiasaan baik, perilaku ngeblog Anda otomatis akan baik juga. 



Contohnya, Anda akan membuat postingan terlebih dahulu sebelum membuka Facebook atau melihat video-video YouTube. Dengan demikian, Anda sesuai pepatah berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kemudian. Bersakit-sakit menulis terlebih dulu, bersenang-senang membuka Facebook kemudian.



3. Keterampilan Ngeblog



Modal ketiga adalah keterampilan ngeblog. Bentuknya beragam mulai dari menulis postingan berkualitas, riset kata kunci, search engine optimization (SEO) sampai menguasai teknis blog (misal hosting dan CSS). Dengan memiliki keterampilan ngeblog, Anda tidak bergantung pada orang lain dalam mengelola blog Anda.



Supaya memiliki keterampilan ngeblog di atas, tidak ada cara lain, Anda harus belajar dan berlatih secara berkesinambungan (terus menerus). Sebagai contoh, jika Anda belum terampil menulis, menulislah setiap hari selama 30 hari (misalnya 300 kata sehari) walaupun Anda capai atau tidak mood. Manfaatnya, Anda akan terbiasa menulis. 



Dari ketiga modal di atas, modal mana yang paling besar dampaknya? Pertanyaan ini mungkin muncul di benak Anda. Menurut sejumlah pakar pengembangan diri, pola pikir dan kebiasaan (disebut soft skills) berperan 80% dalam kesuksesan seseorang. Sementara itu, keterampilan teknis (hard skills) berperan 20%. 



Simpulannya, menjadi blogger sukses tidaklah sulit sepanjang Anda memiliki tiga modal di atas. Bertindaklah (take actions) sehingga Anda memiliki ketiga modal tersebut. Cepat atau lambat Anda akan menjadi seorang blogger sukses.



Salam,
Herman Yudiono

__________ 

Email yang didapat pagi ini 


2 comments: