Monday, January 8, 2018

Sebuah Buku: "Curhat sama Nabi"

Bismillahirrahmanirrahim.

#ResensiJanuari






Judul : Curhat sama Nabi
Penulis : Abdul Kholiq
Penerbit : Bunyan (PT Bentang Pustaka)
ISBN : 978-602-7888-25-8
Cetakan ke- : 1
Tahun Terbit : 2003
Tebal: 244 halaman
Resensor: L. Yuniasari

---

"Ngapain sih, kita harus capek-capek belajar hadits segala? Bikin puyeng aja. Gimana nggak bikin puyeng coba, isinya bahasa Arab melulu, macam haditsnya ada banyak banget, terus materinya juga kan nggak masuk dalam ujian..."

Kalimat tersebut merupakan pengantar sebelum memasuki bab-bab yang terdapat dalam buku ini.

Buku yang saya dapatkan dari salah seorang kawan di penghujung November lalu, merupakan salah satu buku bacaan ringan sekaligus sebagai pengantar untuk belajar hadits.

Posisi hadits sebagai penjelas dari Al Qur'an (bayan) menjadi salah satu alasan mengapa kita sebagai umat Muslim perlu untuk mempelajari hadits. Selain itu, dalam buku ini disebutkan setidaknya dua alasan mengapa ilmu hadits penting untuk dipelajari.

Pertama, karena dengan belajar hadits maka kita dapat mengetahui apakah sebuah hadits mengenai persoalan tertentu itu benar-benar bersumber dari Rasulullah atau tidak. Hal ini yang nantinya menjadi penentu apakah persoalan tersebut dapat diterima (maqbul) serta dapat dijadikan sebagai landasan hukum ataupun justru tertolak (mardud).

Kedua, karena dengan mempelajari hadits maka kita sekaligus mendapatkan bekal untuk kembali dapat kita sampaikan kepada orang-orang di sekitar kita. Bukankah sebagai seorang Muslim, kita dianjurkan untuk menyampaikan kebaikan sekalipun hanya satu ayat ataupun satu kalimat?

Buku ini terdiri atas tiga bab.

Bab pertama akan memperkenalkan kita akan dasar-dasar mengenai hadits, mulai dari macam-macamnya sampai dengan etika belajar dan mengajarkan hadits.

Bab kedua membicarakan mengenai apa saja sih 'resep' menjadi remaja yang gaul dari Rasulullah? Selain membicarakan kiat-kiatnya, bab ini juga menyajikan pesan-pesan Rasulullah bagi kita, remaja, pun juga bagi umatnya.

Bab ketiga akan membawa untuk mengetahui di antara hadits-hadits mengenai akhlak. Pada bab ini, kita akan mendapati contoh-contoh perbuatan yang berkaitan dengan akhlak yang memang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, bab ini juga memuat berbagai macam kisah yang sebelumnya telah terjadi sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi dari hadits yang dimaksud.

Salah satu hal yang menurut saya menjadi nilai tambah adalah bahwa buku ini disajikan dengan gaya penulisan dan rangkaian kalimat yang ringan dan tidak terlalu baku. Hal ini yang tentu saja membuat pembaca, khususnya saya dapat memahami apa yang hendak disampaikan oleh penulis sebenarnya.
 
"Buku ini juga ngasih kita kesempatan buat lebih dekat sama Nabi, bahkan kita bisa curhat dengan beliau sekaligus mendapat solusi dari kegalauan-kegalauan kita..."

Jadi, tertarik untuk membacanya?

1 comment:

  1. manarik juga, follow back dong http://ridous.blogspot.com

    ReplyDelete