Tuesday, May 30, 2017

Setelah Kesulitan pasti ada Kemudahan

Bismillahirrahmanirrahim.


-
Hari 4
#RamadhanAsyik
#Ramadhan1438H


Kita sebagai manusia tentu saja memiliki harapan untuk dapat melanjutkan perjalanan hidup ini dengan bahagia, baik-baik saja, bahkan tanpa perlu menghadapi ujian berarti yang harus dirasa. Berkaitan dengan itu, tidak sedikit pula manusia yang mengidentikkan kata ujian dengan apapun yang dianggap sulit, bermasalah dan membawa diri pada kesedihan serta bayang-bayang kegagalan. Padahal boleh jadi, semua yang dianggap sulit itulah yang nantinya akan mengantarkan kita kepada kebahagiaan, bahagia yang begitu didambakan.

Dalam surah Al Insyirah ayat 5, Allah menitipkan pesan yang menyebutkan, "Karena sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan."
 
Tidak cukup sampai disana, pada ayat berikutnya dalam surah yang sama ditegaskan kembali bahwa "Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan."
 
Dari kedua ayat tersebut dapat kita yakini bahwa DIA telah menjanjikan adanya kemudahan dibalik kesulitan yang mungkin telah, tengah, ataupun akan kita hadapi. Oleh karenanya, tetaplah berbaik sangka dengan segala macam ketentuan-Nya. Bukankah dari tiap kejadian yang dihadapi pasti ada hikmah daripadanya?

-

Kita yakin betul bahwa setelah bumi diselimuti oleh gelapnya langit malam, maka nantinya akan ada matahari yang kembali menyinari bumi dengan cahayanya.

Maka...
Pada hari-hari di bulan Ramadhan,
terhitung dari detik-detik menjelang adzan shubuh dikumandangkan,
kita yakin betul bahwa setelah seharian kita menahan diri dari makanan dan minuman,
pada akhirnya akan ada adzan maghrib yang menandakan
bahwa kita telah kembali diperbolehkan
menyantap segala macam hidangan yang telah disajikan

Lantas, mengapa diri masih meragu untuk meyakini bahwa dibalik kesulitan yang dirasakan pasti akan ada kebahagiaan yang menghampiri sekalipun secara perlahan?

Maha Benar Allah dengan segala Firman-Nya.
#CMIIW

-

No comments:

Post a Comment