Wednesday, March 22, 2017

15 Anime 90-an yang (mungkin) telah dilupakan (1/2)

Pada kesempatan ini, mari kita santai sejenak sambil bernostalgia mengingat kartun-kartun semasa SD yang telah berlalu.

Nah, tanpa banyak berpanjang kata, saya ingin menyebutkan beberapa anime atau kartun semasa kecil yang mungkin sudah agak dilupakan oleh sebagian orang yang padahal sebelumnya juga sempat menjadi penonton. Hal ini terbukti ketika saya bercerita dengan beberapa teman yang sampai saat ini masih suka anime, tetapi sempat agak lupa dengan anime yang begitu banyak berkeliaran menghiasi hari-hari kami semasa kecil :')

Yup, berikut ini 15 Anime 90-an yang (mungkin) telah dilupakan versi saya.
NB: Nomor urut bukan berdasarkan yang saya suka, tetapi berdasarkan yang lebih dulu diingat (^^;)

1. BAKABON - 天才バカボン
Meskipun tidak begitu ingat jalan ceritanya secara lengkap dan mendetail, tetapi sejauh yang saya ingat, anime ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang aneh dan kocak. Diantara faktor lainnya yang membuat anime ini lucu adalah gambaran karakter yang berperan di dalamnya, sehingga ketika melihat anime ini yaaa jangan berharap tokoh-tokoh yang muncul semacam anime shoujo atau shounen yang kian banyak beredar di beberapa tahun belakangan ini (^^;)


2. ASTRO BOY- 鉄腕アトム
Sebuah robot bernama Astro yang dibuat oleh seorang Dokter yang saya lupa namanya ini hampir menyerupai manusia. Alasan utama dokter tersebut menciptakan Astro adalah untuk menggantikan posisi anaknya yang telah meninggal dunia. Seiring berjalannya waktu, sang dokter menyadari bahwa Astro tidak dapat menggantikan posisi mendiang anaknya. Pada akhirnya Astro dibawa atau dijual gitu kepada seorang Profesor dan akhirnya oleh profesor tersebut si Astro diberi kemampuan agar bisa menjadi penyelamat dari robot jahat ataupun musuhnya. Kira-kira kurang lebihnya seperti itu, sehingga Astro menjadi robot yang memberantas kejahatan. CMIIW (^^;)


3. HAGEMARU - つるピカハゲ丸
Ini salah satu anime dengan tokoh utama yang konyol dengan lidah yang menjulur keluar hahaha. Hagemaru, seorang siswa Sekolah Dasar yang duduk di kelas yang saya lupa ini merupakan anak semata wayang di keluarga yang konyol dan menyebalkan. Bagi saya pribadi, anime ini sekilas mengingatkan juga dengan Crayon Shinchan meskipun derajat kekonyolan (?) mereka agak berbeda. Hagemaru juga memiliki peliharaan kalau tidak salah dan dalam anime ini juga menceritakan tokoh-tokoh lainnya mulai dari keluarga, teman sekolah dan gurunya. Yaaa, memang agak mengingatkan Shinchan (^^;)


4. CHIMPUI - チンプイ
Sejauh yang saya ingat, Chimpui merupakan makhluk dari planet lain yang bisa melayang (?). Nah, tujuan dia ke bumi kalau tidak salah adalah untuk mencari seseorang yang nantinya akan dijodohkan dengan pangeran di tempat asalnya. Satu hal yang paling khas dan saya ingat dari anime ini adalah ketika Chimpui menyebut namanya "Chimpui" itu tuh lucu banget duh~ (^///^;)


5. BABY AND I - 赤ちゃんと僕
Kaze no naka hohoende~ Ini dia salah satu anime recommended yang sedikit banyak ceritanya masih saya ingat. Takuya merupakan kakak dari Minoru yang keduanya adalah saudara kandung, kakak beradik yang tinggal bersama Ayah mereka karena Ibunya telah meninggal dunia. Pada awalnya Takuya sebagai seorang kakak merasa bahwa Minoru hanya menyusahkan dan membuatnya repot, sehingga tanpa disadari dia sempat beberapa kali membuat adiknya takut dan selalu menangis. Seiring berjalannya waktu, akhirnya Takuya menyadari bahwa dia harus menjadi kakak yang dapat mendidik dan melindungi adiknya. Duh, anime ini begitu menyentuh dan mengharukan. FYI tiga original song theme dari anime ini masih saya hafal, salah satunya berjudul "YOU" yang lirik awalnya menjadi paragraf pembuka di bagian ini (^w^;)


6. BUBU CHACHA - つるピカハゲ丸
Saya tidak begitu ingat ceritanya. Ini mungkin agak terkesan kartun anak-anak meskipun ketika itupun sayapun masih anak-anak, tetapi anime ini terbilang lucu dan menggemaskan. Secara keseluruhan, saya benar-benar tidak begitu ingat ceritanya. Hanya saja satu yang saya ingat adalah kalimat dari lagu pembukanya yaitu "Bu Bu Bu.. Cha Cha Cha... Bu Bu Cha Cha Yeah..." (^o^;)


7. ASARI CHAN - あさりちゃん
Ini dia salah satu anime konyol lainnya. Anime ini menceritakan tentang seorang anak bernama Asari dengan rambut dikuncir dua yang menjadi khasnya sebagai tokoh utama dalam cerita ini. Asari memiliki sifat yang berbeda jauh dengan kakaknya yang saya lupa namanya. Asari dan kakaknya ini hampir tidak pernah akur dan ia memiliki sifat pemalas yang rasanya hampir sejenis dengan Hagemaru juga Shinchan mungkin yaaa (^^;)


[bersambung...]

mengapa bersambung?
karena saya ingin rehat sejenak setelah mengetik X'D

No comments:

Post a Comment