Friday, February 3, 2017

Review: ORANGE Movie

Bismillahirrahmanirrahim.

-

Adakah penyesalan yang telah terjadi tetapi ingin kembali diperbaiki? Apabila kita dapat kembali kepada masa-masa itu, maka bagaimana cara kita memperbaikinya?


***

Film berjudul ORANGE yang merupakan adaptasi dari manga dengan judul yang sama ini menjadi salah satu yang saya rekomendasikan. Rasanya memang ketinggalan, tetapi saya merasa gatal sekali ingin membuat review film yang telah cukup lama tersimpan dalam hdd satu ini.

Film ini menceritakan persahabatan antara Naho Takamiya dengan keempat temannya bernama Hiroto Suwa, Takako Chino, Saku Hagita, dan Azusa Murasaka yang kemudian dipertemukan dengan hadirnya murid pindahan dari Tokyo bernama Kakeru Naruse.


Pada hari pertama memasuki tingkat kedua, Naho menerima surat dari dirinya di sepuluh tahun yang akan datang. Surat itu berisikan hal-hal yang akan terjadi padanya, berikut dengan harapan agar Naho dapat memperbaiki keadaan sehingga tidak lagi terjadi penyesalan untuk keduakalinya. Inti dari semua yang harus Naho perbaiki adalah untuk menyelamatkan dan melindungi si murid pindahan, Kakeru.


Suatu hari, guru Kimia menjelaskan perihal tentang adanya Dunia Paralel yang mungkin saja dapat membuahkan suatu masa depan yang baru tanpa menghapus atau meniadakan masa depan yang sebenarnya. Pada saat pelajaran berakhir, Kakeru sempat mengatakan kepada Naho bahwa ia ingin kembali ke masa lalu untuk memperbaiki yang telah terjadi agar tak lagi menjadi penyesalan.




Seiring berjalannya waktu, pada akhirnya Naho memberitahukan perihal surat yang ia dapatkan dari dirinya di sepuluh tahun yang akan datang tersebut kepada Suwa dan juga ketiga teman lainnya. Mereka semua bermaksud untuk tetap berada di sisi Kakeru dan membuat Kakeru bahagia hingga akhirnya dapat melupakan bayang-bayang kelam di masa lalu yang masih menghantuinya.


Satu persatu dari apa saja yang menjadi penyesalan sebagaimana dikatakan dalam surat yang diterima Naho dari dirinya di masa sepuluh tahun yang akan datang, secara perlahan dapat diperbaiki, termasuk kecelakaan yang sebenarnya adalah upaya untuk bunuh diri pada tanggal 31 Desember. Selain itu, perjalanan hidup Kakeru yang sebelumnya begitu ia sesali-pun mulai terungkap. 

Sampai akhirnya… Kisah ini diakhiri dengan ending yang saya suka.



Secara keseluruhan, film ini menjadi salah satu tontonan yang recommended! Kisah fantasi yang disajikan dapat dikatakan menarik dan sekilas mengingatkan saya akan anime Kimi No Na Wa dengan plot twist yang waaaahh. Ini menjadi nilai plus tersendiri bagi saya, meskipun alur yang dimainkan terbilang lambat. Beberapa orang kawan sempat kecewa dengan movie ini karena kurang lengkap dibandingkan dengan manganya. Jujur saja.. saya sendiri belum membacanya tetapi sekali lagi bagaimanapun kisah lengkapnya, saya tetap merekomendasikan film ini.

Oiya, mengapa judulnya "Orange" ?
Menurut saya pribadi, selain gambaran langit pada akhir cerita, mungkin jawabannya ada pada bagian berikut ini... Apakah kita sepemikiran? (^^;)



-

Terakhir...
Pesan yang ingin saya sampaikan adalah melalui film ini saya merasa diingatkan kembali bahwa rasa senang, bahagia dan suka cita yang kita rasa adalah karena hadirnya orang lain di sisi kita. DIA Yang Maha Kuasa telah mengirimkan kebahagiaan, suka duka serta rupa-rupa rasa lainnya melalui orang-orang di sekitar kita. Dan tidak terlepas dari itu, boleh jadi bahagianya orang lain juga berada di tangan kita. Apa-apa saja yang kita lakukan dapat memberikan dampak terhadap orang sekitar kita, baik dampak positif ataupun sebaliknya. Oleh karenanya, sebisa mungkin jadikan diri ini sebagai pribadi yang dapat bermanfaat bagi orang-orang sekitar sehingga hadirnya kita dapat mendatangkan rasa suka, bukan duka..


-

Selamat menyaksikan dan berikan penilaian melalui kolom komentar (^^'b

2 comments:

  1. Aku punya film ini dari lama banget, tapi belum aku tonton sampai sekarang.
    Btw keren loh, nontonnya gak pake subIndo. 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tonton kak! Kalau udah nonton nanti kasih tanggapannya ke aku :3
      Aku sih fleksibel, mau Sub Eng atau Indo yaaa ngga apa apa XD

      Delete