Monday, October 30, 2017

Sebuah Buku: "Kitab Al Hikam"

Bismillahirrahmanirrahim.

#ResensiBulanOktober

Judul : Kitab Al Hikam
Penulis : Syekh Ibnu Athaillah
Penerjemah: Imam Sibawah El Hasany
Penerbit : Zaman
ISBN : 978-602-1687-14-7
Cetakan ke- : 1
Tahun Terbit : 2015
Tebal: 283 Halaman
Resensor: L. Yuniasari

Al Hikam merupakan sebuah kitab klasik yang berisikan berbagai macam hikmah yang sekaligus dapat membimbing kita untuk senantiasa berpegang teguh pada Al Qur'an dan As Sunnah.

Al Hikam dipandang sebagai kitab 'kelas berat'. Hal ini bukan dikarenakan struktur kalimatnya yang sulit dimengerti, melainkan karena kedalaman makrifat yang diturunkan lewat kalimat-kalimatnya yang singkat.

Menurut saya, buku ini lebih cocok untuk "disantap" secara perlahan. Tidak dalam sekali habis. Salah satu yang menjadi alasannya mungkin karena pemilihan kata dan gaya bahasanya yang lebih asyik untuk dinikmati secara perlahan. Pelan-pelan.

"Di antara tanda sikap mengandalkan amal ialah berkurangnya harapan ketika ada kesalahan."

Buku ini menyajikan tiga puluh bagian dengan judul yang beraneka ragam, mulai dari Berserah Pada Takdir dan Anugerah hingga Zikir dan Pikir.

Setiap bagiannya, kita akan menemukan beberapa paragraf terpisah yang berisikan untaian nasehat ditambah dengan penjelasan singkat yang menurut saya dikemas dengan bahasa yang apik.

Sebagai catatan singkat terakhir, ketika kita membaca buku ini dan mendapati kalimat atau kata yang tidak dipahami maka jangan segan dan ragu untuk bertanya kepada "guru ngaji" atau orang yang lebih mengerti. Hal ini dimaksudkan agar segala macam untaian nasehat yang disampaikan dalam buku ini-pun dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Allahumma aamiin.

"Ilmu yang bermanfaat adalah yang cahayanya melapangkan dada dan menyingkap tirai kalbu..."

Mohon maaf lahir dan bathin, barangkali saya sendiri juga masih perlu mempelajari kitab ini lebih dan lebih lagi.

Tetap semangat berbuat baik, wahai orang-orang baik!

No comments:

Post a Comment