Tuesday, April 12, 2016

Berburu Inspirasi

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu'alaykum.

Mengapa lagi-lagi memilih judul dengan "kata" inspirasi?
Duh, ketauan banget ini mah.. kalau sampai dengan saat ini masih 'mencari-cari'.. semoga segera bertemu deh yaaa *aamiin (^人^)

Baiklah, aku akui.. beberapa hari ini memang sedang mencari-cari masalah. Bahkan sampai menanyakan langsung kepada salah seorang kawan, menodong bahkan sampai menuntut kawan yang lainnya :'D

Alhamdulillah, secara spontan teringat dengan salah satu buku berjudul "Masalahmu, Sahabat Terbaikmu". Kemudian sempat buka-buka, baca-baca, melihat-lihat dan perlahan seolah ditunjukkan sesuatu (?)

***

Sebenarnya, inspirasi bisa datang dari mana saja. Kita hanya perlu membuka mata, hati dan jiwa untuk menemukannya. Sebab, alam yang dibentangkan oleh Allah SWT ini mengandung banyak inspirasi. Kita hanya perlu mengamatinya untuk menemukan inspirasi tersebut. Pendeknya, carilah inspirasi di sekeliling Anda untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Pertanyaannya, bagaimana mencari inspirasi serta upaya memaksimalkan? Dan ketika kita kehilangan inspirasi, apa yang harus kita lakukan? Berikut jawaban atas pertanyaan tersebut:

Tidak Memaksakan Otak

Jangan sekali-kali memaksa otak kita untuk berpikir supaya kita mendapatkan inspirasi. Sebab, inspirasi keluar dengan sendirinya dan tidak bisa dipikirkan sebelumnya. Jika kita terus memikirkannya, yang terjadi malah kita akan frustasi karena tidak kunjung mendapatkannya.

Iyaloh, apapun yang dipaksakan tuh nantinya justru menghasilkan suatu hal yang kurang sempurna bahkan jauh dari sempurna. Terbukti beberapa hari yang lalu sempat 'menuntut' diri ini untuk sok-sok mikir keras mencari bahan tulisan. Alhasil, sok-sok mikir kerasnya itu yang justru berkepanjangan. Bukan malah dapat inspirasi, tetapi jatuhnya malah dzalim yaaa sama diri sendiri. Innalillah.. m(_ _)m

Santai

Walaupun masalah yang kita hadapi begitu berat, tetapi kita harus santai. Jangan terburu-buru dan mengumbar emosi. Sebab, biasanya inspirasi keluar saat kita sedang dalam kondisi bersantai. Biasanya, saat sedang santai tanpa beban pikiran, kita akan memikirkan sesuatu yang lain. Nah, jika itu diteruskan bisa jadi akan memunculkan inspirasi.

Hampir sama dengan bagian sebelumnya, kalau kita terlalu nafsu atau terburu-buru tuh hasilnya ngga akan maksimal juga. Ketika mengingat deadline yang tinggal menghitung hari lagi, lalu kita memaksakan diri supaya semua deadline dapat ditunaikan tanpa ada pertimbangan sebelumnya tuh yaaa hasilnya ngga akan maksimal juga. Oleh karenanya, alangkah baiknya kita bersikap santai saja. Tetap kerjakan apa yang harus dikerjakan, tanpa perlu dzalim sama diri sendiri. Duh, ini sebenarnya catatan pengingat untuk diri pribadi. Pokoknya keep calm and santai aja deh, broh! (ง ˙ω˙)ว 

Mendengarkan Musik

Berhentilah sejenak memikirkan masalah yang sedang melanda. Dengarkanlah musik yang Anda sukai. Dengarkan beberapa lagu dan nikmati. Mendengarkan musik akan membantu Anda menemukan inspirasi. Sebab, musik berisi banyak emosi yang dapat membantu manusia untuk rileks dan mampu menginspirasi.

Untuk hal ini rasanya agak 'sedikit' berbeda buat aku. Ketika mendengarkan musik tuh hampir selalu di'sambil' nonton. Media player tetap dalam keadaan menyala, tetapi mata sama pikiran juga tertuju pada film yang ditonton. Apabila merasa terganggu dengan suara yang beradu maka cukup dengan mematikan suara pada film yang ditonton. Beres. Ngga tau kenapa, tapi itu tuh asik loh. Musiknya didengar bahkan ikut dilantunkan, lalu alur dan isi dari filmnya juga didapatkan. So, dua-tiga pulau terlampaui, bukan?
*kibas kerudung*
*benerin kacamata*

Jalan-jalan

Ketika kita tidak mendapat ide untuk menyelesaikan masalah, maka keluarlah dari rumah. Pergilah ke sebuah tempat, dimanapun itu. Amati peristiwa yang terjadi serta rekam semua kejadian dan percakapan yang terjadi. Demikian itu akan memberikan inspirasi bagi Anda untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ternyata memang.. ketika kita berhadapan dengan dunia luar (dalam hal ini maksudnya luar diri kita), maka kita akan mendapat banyak hal baru. Apapun itu. Hadirnya orang-orang di sekeliling tuh bisa jadi inspirasi. Tidak hanya manusia, bahkan keadaan lingkungan atau benda tak bernyawa sekalipun bisa loh. Hanya saja, terkadang inspirasi yang didapatkan itu benar-benar diingat hanya ketika itu. Setelahnya mah lupa, terlebih lagi untuk orang yang lupaan gitu dan mungkin aku salah satu diantaranya ( ̄^ ̄゜)

Membaca

Saat masalah bertubi-tubi mendera tetapi inspirasi mampet, maka tak ada salahnya untuk membaca. Dengan membaca, wawasan kita akan terbuka dengan sendirinya. Ide-ide kita akan keluar. Bacaan yang paling bagus adalah bacaan tentang ilmu pengetahuan dan kisah-kisah inspiratif.

Alhamdulillah, hanya dengan membaca tuh seolah pandangan serta pikiran kita bisa dibawa kemana-mana. Membaca itu benar-benar ajaib! Dapat menambah wawasan serta melatih diri kita dalam menangkap apa yang dibaca, ber-imajinasi serta menuangkan apa yang telah kita baca melalui kalimat tertulis ataupun tidak tertulis. Hanya saja... terkadang niatan awal membaca yang 'tadinya' untuk mencari inspirasi tuh bisa dilewatkan begitu saja karena terlalu asyik dengan apa yang kita baca itu. Ckck (,,•﹏•,,)

Menonton Film

Film merupakan sumber inspirasi. Walaupun fiksi, kisah-kisah yang disodorkan cukup ampuh untuk mendorong timbulnya inspirasi.

Seperti yang telah dituliskan dalam komentar sebelumnya, menonton film tuh paling cocok dengan mendengarkan musik atau lagu apapun yang ingin kita dengarkan. Sekali kali, musik atau lagunya dapat kita dengarkan bahkan dilantunkan dan filmnya dapat kita tonton juga. Benar-benar efektif untuk melampaui dua sampai tiga pulau. Itu tadi salah satu teori 'ajaib' dari dan untuk diri pribadi 乁( ˙ ω˙乁)

Segera Catat

Jika inspirasi sudah keluar, segeralah catat. Inspirasi bersifat sementara dan mudah sekali terlupakan. Dengan mencatatnya, kita sudah mendapatkan banyak inspirasi.

MasyaaAllah, poin ini adalah tamparan yang benar-benar menampar (?) Bagaimana tidak? Untuk segera atau langsung mencatat menurut aku tuh salah satu hal yang syulit juga. Seringkali diri ini ber-andai ataupun memikirkan apa yang ingin dituangkan dalam tulisan ketika dalam perjalanan. Lebih tepatnya di atas motor sambil mengendarai sepeda motor (namanya blurry). Nah, cara supaya bisa langsung mencatat tuh gimana cobaaa? Ngga mungkin juga nulis atau ngetik di hape sambil nge-gas, bukan? Seriusan deh, ini tuh salah satu hal yang syulit. Apakah aku harus menyiapkan alat perekam ketika berkendara, agar segala macam yang terpikir ketika itu dapat diabadikan melalui rekaman? Duh (╥_╥`)

Bersikap positif

Jika kita dapat menikmati hidup, terimalah juga segala tantangan yang ditawarkan dan masuki petualangan baru. Carilah lingkungan yang mendukung kita untuk selalu berpikir positif dan jangan biarkan orang lain membuat kita jadi enggan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Nikmati aktivitas yang kita lakukan. Lakukan sesuatu yang kita sukai dan jangan pernah menyerah.

InsyaaAllah salah satu hal yang membuat inspirasi itu bisa datang menghampiri adalah dengan keyakinan. Apapun, dimanapun, bagaimanapun pokoknya yakin aja dulu. Untuk selanjutnya ngga perlu dipermasalahkan karena DIA tuh PASTI Menolong hamba-Nya. Alhamdulillah.. semoga aku, kamu, dia, mereka dan kita semua senantiasa dapat mengendalikan diri untuk terus berpikiran positif. Kurang-kurangin deh yang namanya neting *ngomong depan kaca (  '-' )ノ)`-' )

Baiklah, datangnya inspirasi tuh ngga bisa dipaksakan. Poin utamanya terletak pada diri kita. Sebenarnya inspirasi tuh bertaburan dimana-mana, terkadang kitanya aja yang "ngga peka" dengan situasi dan kondisi serta lingkungan sekitar *tertunduk*

H-3 menuju 10 hari yang menjadi kejutan. Selamat melanjutkan perjuangan dalam berburu inspirasi! Semoga kita tak hanya sebagai pemburu inspirasi, tetapi juga sebagai subjek yang bisa menginspirasi. Aamiin allahumma aamiin (/ω\*)

di sepertiga malam-Mu
(masih) diketik dengan senyuman yang terkembang
Rawakalong, 2016年04月12日
L. Yuniasari

Salam sehat dan SEMANGAT!
Wassalamu'alaykum.

No comments:

Post a Comment