Thursday, May 9, 2019

4 Ramadhan | Beranjak Tidur dalam Keadaan Suci


*

Bismillahirrahmanirrahim

4 Ramadhan 1440H

-

Berwudhu sebelum tidur merupakan hal sepele, namun tidak sedikit pula orang yang terlena sehingga melewatkan anjuran ini.

Dari Bara bin ‘Azib Radhiallahu ‘Anhu:

قَالَ النَّبِيُّ إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ

Nabi bersabda: “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhumu ketika shalat.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Ini sunah, dan bukan kewajiban. Syaikh Abdul Aziz bin Baaz Rahimahullah berkata:

...لكن كونه يتوضأ ويأتي الفراش على طهارة هذا هو السنة التي أمر بها النبي -صلى الله عليه وسلم-.

"Tetapi keadaan berwudhu bagi seseorang lalu dia mendatangi kasurnya setelah bersuci, ini adalah Sunnah yang diperintahkan Nabi Shalallahu 'Alaihi wa Sallam (selesai)."

Dari Mu’adz bin Jabal radhiyallaahu’anhu, dari Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, beliau bersabda:

"Tidaklah seorang muslim yang tidur malam dengan berzikir sebelumnya disertai wudhu', lalu terbangun di tengah malam dan berdoa kepada Allah agar diberi kebaikan dunia dan akhirat, kecuali Allah akan mengabulkan permohonan itu untuknya." (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

Sebagian ulama menyebutkan hikmahnya, bahwa tidur merupakan kematian kecil. Maka, sebagaimana dimandikan saat kematian besar, maka demikian pula saat kematian kecil, hendaknya dia berwudhu.

Selain bernilai ibadah, berwudhu juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Peneliti dari Universitas Alexsandria, dr Musthafa Syahatah, yang sekaligus menjabat sebagai Dekan Fakultas THT, menyebutkan bahwa jumlah kuman pada orang yang berwudhu lebih sedikit dibanding orang yang tidak berwudhu.

Dengan ber-istisnaq (menghirup air dalam hidung) ketika berwudhu misalnya, kita dapat mencegah timbulnya penyakit dalam hidung.

Dengan mencuci kedua tangan, kita dapat menjaga kebersihan tangan. Kita juga bisa menjaga kebersihan kulit wajah bila kita rajin berwudhu.

Selain itu, kita juga bisa menjaga kebersihan daun telinga dan telapak kaki kita, artinya dengan sering berwudhu kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

Dari Ibnu Umar radhiyallahuanhuma bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci maka malaikat akan bermalam di dekatnya, tidaklah dia terbangun kecuali malaikat mendoakannya: "Ya Allah, ampunilah hamba-Mu ini karena dia tidur dalam keadaan suci".

Wallahu a'lam. 

Semoga aku, kamu, mereka dan kita semua dapat mulai membiasakan diri untuk mengerjakan apa yang disunnahkan dan dianjurkan oleh baginda Rasulullah shalallahu 'alayhi wa sallam. Aamiin.

Selamat rehat!
Sehat-sehat!
SEMANGAT Ramadhan!
Selamat berburu kebaikan dengan senantiasa berbaik-baik melakukan segala macam amalan baik!

#LY1440H
#Ramadhan1440H
#RamadhanProduktif
#semangARTramadhan
#SEMANGATRamadhan
#YukMenujuBaik
#MenujuBaikItuBaik

No comments:

Post a Comment