Tuesday, May 7, 2019

1 Ramadhan | Berburu Kebaikan di bulan yang penuh Keberkahan


*

1 Ramadhan 1440H

---

Bismillahirrahmanirrahim.

Ramadhan merupakan bulan yang penuh kemuliaan. Ramadhan adalah hadiah dari Allah subhanahu wa ta'ala bagi setiap muslim. Ia adalah ibarat sebuah oase ditengah tahun yang menyejukkan jiwa-jiwa yang kehausan dan kelaparan akan rahmat, keberkahan dan
cinta dari Allah.

Di antara keistimewaan bulan Ramadhan sebagaimana disebutkan dalam Al Qur'an dan teruraikan dalam hadits, sebagai berikut:

1. Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al Qur'an.

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)...” (QS.Al-Baqarah: 185)

2. Setan dibelenggu pada bulan Ramadhan. Selain itu, pintu neraka pun ditutup pada bulan mulia ini, sedangkan pintu surga terbuka lebar-lebar.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu.” (Muttafaqun 'alayhi)

3. Dalam bulan Ramadhan terdapat malam penuh kemuliaan dan keberkahan yang lebih baik dari seribu bulan sebagaimana firman Allah dalam surah Al Qadr ayat 1-3.

4. Pada bulan ini, Allah subhanahu wa ta'ala melimpahkan ampunan kepada orang-orang yang melaksanakan puasa Ramadhan atas dasar keimanan yang jujur dan mengharapkan pahala di sisi Allah, sebagaimana hadits Muttafaqun Alayhi.

Berbagai keistimewaan bulan Ramadhan inilah yang membuat para orang-orang yang beriman begitu menantikan dan merindukan kedatangan bulan Ramadhan.

Selain yang dituliskan di atas, masih banyak keutamaan lainnya yang membuat bulan Ramadhan menjadi bulan yang begitu istimewa.

Maka,
tidakkah KAU tergiur untuk meraup segala macam balasan kebaikan yang ada pada bulan suci ini?
ataukah justru DIRIMU merasa bahwa tak ada yang spesial dari bulan ini, sehingga tetap biasa saja menjalani hari seperti bulan-bulan lainnya yang telah dilalui?

Yuk introspeksi diri. Lalu ibadahnya dimaksimalkan lagi di bulan ini (!)

SEMANGAT Ramadhan!
Selamat berburu kebaikan dengan senantiasa berbaik-baik melakukan segala macam amalan baik!

#LY1440H
#Ramadhan1440H
#RamadhanProduktif
#semangARTramadhan
#SEMANGATRamadhan
#YukMenujuBaik
#MenujuBaikItuBaik

No comments:

Post a Comment