Saturday, June 17, 2017

Kematian Nantinya Akan Mendatangi Kita

Bismillahirrahmanirrahim.

 
-
Hari 21
#RamadhanAsyik
#Ramadhan1438H

Tak satu pun orang bisa menjamin dirinya
Selamat di saat ajal memanggilnya
Setitik kesalahan semua akan diperhitungkan
Semisal buih dosa telah kita kerjakan
Kehidupan dan kematian merupakan ujian untuk selalu memberikan yang terbaik kepada Allah. Hidup di dunia bukan merupakan kenikmatan hakiki, karena kenikmatan yang sesungguhnya itu setelah kematian.

"Dialah yang Menciptakan kematian dan kehidupan untuk menguji kalian yang paling baik amalnya." (QS. Al Mulk : 2)

Lantas, kita ingin mati seperti apa?
bekal apa saja yang nantinya akan kita bawa?

Kawan, kematian adalah sebuah keniscayaan. Tiap makhluk yang bernyawa pasti akan menjumpainya. Tak ada seorangpun yang mengetahui kapan kematian akan mendatanginya. Tak ada seorangpun juga yang dapat lari daripadanya.

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (QS. Al Anbiya : 35)

Setiap mata hati tangan kaki akan jadi saksi
Tiada dusta diri yang tak terhakimi
Duka sepi air mata tak berarti lagi
Akan terlambat segala sesal di waktu nanti
Akan tetapi, tidak sedikit dari kita yang justru melupakannya. Kematian yang sebenarnya nyata adanya justru dilupakan begitu saja. Bahkan tak sedikit pula diantara manusia yang terlena oleh kenikmatan dunia yang fana. Astaghfirullah :'

Datangnya kematian hanya diketahui oleh DIA, Dzat Yang Maha Pencipta. Datangnya kematian tidak mempedulikan siap atau tidaknya manusia. Oleh karenanya, kira-kira datangnya kematian nantinya akan kita beri sambutan seperti apa?

۞اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞

"Datangnya kematian tidak menunggu sehingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah kamu orang baik dan tunggulah kematian"

Dalam suatu sumber dikatakan bahwa Hasan Al Basri pernah mengatakan bahwa, "Aku tahu kematian itu sudah menungguku. Karena itulah aku selalu menambah bekal untuk hari pertemuanku dengan Allah."

Pada kesempatan ini ingin mengingatkan, khususnya bagi diri ini yang dipenuhi oleh dosa dan kesalahan. Janganlah diri kita takut akan datangnya kematian. Tetapi jadikan kematian sebagai motivasi bagi diri untuk senantiasa berbuat kebaikan. Karena kehidupan yang kita rasakan saat ini merupakan suatu hal yang dirindukan. Dirindukan oleh mereka yang terlebih dahulu menjumpai kematian dengan penyesalan :(

Allah mohon jangan hukum kami dari dosa
Ampuni kami karena tak mungkin kami sanggup menahan pedih
Setitik Rahmat yang Kau beri lebih berarti dari segalanya
Setitik ampunanMu 'kan menghapus dosa kami
Maha Benar Allah dengan segala Firman-Nya.

No comments:

Post a Comment