Monday, January 25, 2016

Waktu Luang yang Mematikan

Bismillahirrahmanirrahim...
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran." (QS al-Ashr [103]: 1-3)

adalah ayat yang membicarakan betapa pentingnya waktu...
jika kita tak pandai dalam memanfaatkan waktu, maka kita termasuk orang yang merugi...

"Tentang Waktu"... ngga sengaja menemukan kembali bacaan yang yaaaa... mengingatkan kembali betapa berharganya yang namanya waktu, terutama waktu luang :')

Aku sendiri sih ngga bisa bayangin deh betapa banyaknya hal yang dapat dikatakan terbuang dengan sia-sia, sedangkan yang namanya waktu itu memang tidak dapat kita putar kembali....

Memang... waktu itu ibarat pedang. Setiap detik ia memenggal kesempatan kita dengan tak kenal kompromi. Kejam, kita rasa memang demikian. Tapi alangkah lebih kejamnya lagi apabila kita tidak memanfaatkannya untuk kebaikan.....

Selamat membaca :)

***

Oleh: Wakhid budiarto

SAUDARAKU,

Di tengah-tengah kehidupan kita tentunya sangat banyak waktu yang diberikan untuk kita dalam melakukan segala macam kegiatan. Ya, sangat banyak kegiatan dalam setiap kehidupan kita sebut saja; belajar bagi para pelajar dan mahasiswa, bekerja pun menjadi rutinitas baik itu sebagai karyawan maupun pebisnis, termasuk juga aktivitas training yang dilakukan oleh para inspirator maupun motivator dan tentu masih banyak lagi aktivitas yang dilakukan sesuai dengan profesinya masing-masing.

Di dalam rutinitas aktivitas ataupun kegiatan yang dilakukan tersebut tak lepas peran kita dalam membagi waktu (yang memang dalam pemberian waktu ini kita masing-masing diberikan sama yaitu 24 jam dalam sehari setiap orang). Tentu dengan pembagian waktu ini kita mempunyai harapan besar minimal kegiatan yang kita lalui bisa terbagi pada waktunya masing-masing, namun hal lain yang lebih besar yaitu kita mampu meraih kesuksesan ataupun goaltertentu atas apa yang kita lakukan.

Selain dari pada itu, apalagi banyak orang yang mempunyai double activitybahkan lebih. Di era globalisasi ini banyak kalangan karyawan muda (juga tek lepas yang sudah berumur sekalipun) mencoba memanfaatkan waktunya selain untuk bekerja juga menempuh pelajaran di bangku kuliah, karena memang banyak kampus (universitas dan sekolah tinggi) menyediakan kelas untuk para karyawan, ada juga dosen yang selain mengajar mereka juga sambil melanjutkan jenjang pendidikannya, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Terlepas dari apapun tujuan mereka, yang terpenting adalah tujuan tersebut merupakan hal yang postif.

Saudaraku,

Jika kita melihat fenomena ini, tentu dapat menyimpulkan bahwa orang-orang yang mampu memanfaatkan waktu dengan baik, maka hal-hal besar yang mereka targetkan untuk tercapai akan dapat tercapai. Meskipun bukan hanya waktu saja yang dikorbankan, juga banyak hal lain yang harus dicurahkan dalam melalui segala waktu dengan berbagai kegiatan tersebut yaitu tenaga, pikiran, dan juga harta pun tak lepas dari pengorbanan yang harus dikeluarkan.

Di sisi lain banyak kalangan yang justru berkebalikan dari contoh-contoh di atas, ada orang yang dalam mencari pekerjaan yang notabene adalah untuk dirinya sendiri justru bermalas-malasan, juga para mahasiswa ataupun pelajar yang mestinya pelajaran diserap dengan baik ataupun ingin mendapatkan nilai yang memuaskan dibangku perkuliahannya justru enggan untuk belajar dan mencari hal-hal baru untuk menambah wawasan, ilmu dan pengalaman, atau bahkan kita sendiri yang mempunyai seabreg (sangat banyak) kegiatan yang sudah kita jadwalkan dan merasa sudah lelah dengan yang sudah kita lalui dapat terjebak dalam keluangan waktu yang meski pun jarang kita sadari itu ada namun ketika kita bisa memanfaatkannya dengan baik mestinya bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat (apapun itu bentuknya).

Saudaraku,

Dan kunci dari itu semua adalah waktu, ketika kita bisa memanfaatkan waktu dengan baik dan mencurahkan segenap usaha kita maka akan tercipta sesuatu yang besar, spektakuler dan selain untuk meningkatkan nilai diri kita juga menjadi inspirasi bagi orang lain.

Sangat banyak tokoh sukses di sekitar kita yang bisa diambil sebagai inspirasi bagi diri kita dalam memanfaatkan waktu yang kita miliki. Tidak mudah dalam menjalani mungkin “iyya”. Tapi yang perlu kita khawatirkan adalah bahwa waktu luang yang kita miliki dan tidak kita manfaatkan, maka ini akan membunuh potensi-potensi besar yang kita miliki bahkan mungkin tidak kita ketahui jika kita tidak mencoba untuk segera melakukannya.

source: islampos.com

***

Waktu yang sudah terlewat tuh pasti nggak bisa balik lagi. Meskipun sudah kita 'undo' atau coba buat mengulangnya kembali, tapi tetap saja berbeda :')

Dimana saja dan sekuat apapun kita cari, waktu yang hilang dan berlalu tuh nggak akan ada gantinya deh. Oleh karena itu waktu menjadi salah satu hal yang sangat berharga bagi kita semua, bahkan bisa menjadi lebih berharga dari harta termahal sekalipun.

Selagi masih ada waktu, selagi DIA masih memberi kita kesempatan di dunia... Yuk kita manfaatkan sisa waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai nasi terlanjur menjadi bubur lalu karena terlalu lama dimasak, bubur itupun malah menjadi kerak yang mengering dan ngga nikmat lagi buat dimakan (?) Kalau sampai kayak gitu, jadi rugi banget deh kita :'

Rasulullah SAW mengingatkan,
"Jika kalian bangun di pagi hari, janganlah mengharap akan (hidup) sampai sore; dan jika berada di waktu sore jangan berharap akan (hidup) sampai besok pagi. Pergunakan masa sehatmu untuk (mempersiapkan) masa sakit, dan masa hidup untuk (menyiapkan bekal) kematian, seakan-akan kalian tidak tahu nama kalian besok pagi..." [HR Bukhari]

Nah, duhai diri...
Yuk manfaatkan sisa waktu yang dimiliki
Jangan malah menyesal kemudian nanti
Karena kesempatan belum tentu akan datang dua-kali (?)

*sekedar 'alarm' dari dan untuk diri sendiri*
Salam SEMANGAT!

No comments:

Post a Comment