Sunday, November 16, 2014

SEMANGAT berjuang, Rawakalong! ^0^9

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu'alaykum.
Alhamdulillah, atas Kuasa dan Kebesaran-Nya.. malam hari ini aku dapat menghadiri acara Santunan Anak Yatim dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436H di Rawakalong tercintah :')

Serangkaian acara, kegiatan dan lainlain alhamdulillah dapat dikatakan lancar :)
Nah, disini tuh ada poin yang sepertinya memang ingin dan harus aku 'bagi'.. ^^'v

Pembicara yang menyampaikan materi malam hari ini adalah KH. Al-Anshori *CMIIW >/\< ..

Pada awal pembicaraannya, beliau menyampaikan hal-hal terkait dengan remaja serta pemuda-pemudi di era sekarang ini. Taulah, ngga jauh-jauh dari berbagai macam kenakalan remaja yang kian marak, lalu terkait dengan peran remaja serta pemuda-pemudi sebagai generasi penerus bangsa~ :)

Lalu berikutnya beliau mengaitkan dengan anak yatim piatu yang sudah tak lagi tidak mempunyai salah satu atau kedua orangtuanya. Beliau sempat membahas bahwa doa untuk mereka yang memang sudah tiada itu InsyaaAllah akan sampai. Lalu beliau juga berkata bahwa berdoa di hadapan makam itu tuh bukan bid'ah *jengjengjeng* yaaaa... pokoknya sama-sama saling mendoakan deh yaaa... karena atas ijin Allah, segala macam doa yang kita panjatkan untuk siapapun dan dimanapun akan tersampaikan. InsyaaAllah :)

Nah, berikutnya ini nih yang mantap pokoknya~
Beliau bercerita, sekitar 6 bulan sebelum bulan Ramadhan lalu.. beliau diminta untuk menemani orang-orang bertawaf. Dalam perjalannya tuh ada kunjungan ke masjidil Aqsa. MasyaaAllah :')
Beliau melanjutkan... di depan dan di sekeliling Al-Aqsa tuh begitu banyak tentara Isr*el dengan tank dan mesin-mesin super duper deh yang menjaga sekelilingnya. Satu persatu orang yang masuk tuh diperiksa dan dicek dengan sistem keamanan yang bisa dibilang sangat ketat. Setelah masuk ke dalam, baru ada polisi dari Palestina.
Salah satu statement beliau yang agak jleb tuh yang intinya begini, "dulu para dai berdakwah hanya bermodalkan shalawat dan mereka bisa menjadi sosok yang masyaaAllah, sedangkan sekarang... bahkan shalawat bukan hal yang diutamakan dalam majelis-majelis..." *astaghfirullah (,,╥﹏╥,,)
Ini tuh kaitannya dengan salah satu buku yang sedang saya baca... apa bentuk komitmen saya kepada Islam? *kemudianhening~

Beliau melanjutkan dengan siroh, mengenai sahabat Nabi yang kaitannya dengan ajaran untuk tayyamum.
Beliau sempat membahas Abu Bakar As-Sidiq, Umar bin Khaththab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.
Kemudian beliau sempat membahas terkait QS. 36 ayat 9 lalu puasa tanggal 10 Muharram.

Kemudian beliau membahas mengenai keutamaan dan pentingnya sedekah.
Dalam QS. Al-Lail : 5 - 7 disebutkan,
"Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah."

Jadi... ALLAH tuh sudah menjamin balasan untuk mereka yang mau bersedekah karena Allah :')

"Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka."
(QS. Al-Baqarah : 2-3)

Sebelum keluar uang yang lepas dari tanganmu, Allah sudah menjanjikan berjuta balasan kemuliaan :')
"..Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam."
(QS. Al-Baqarah : 251)

Pelit itu bisikan iblis laknatullah yang menyebabkan kita ngga bisa berkembang dalam usaha. NOTED!

Kita ngga boleh usil dengan amalan saudara kita. Rejeki manusia tuh ada di tangan Allah. Manusia berencana, Allah yang berkehendak :)
Islam hanya ada dua tauhid. Islam hanya ada dua kalimat dua syahadat. Yang pertama syahadat kepada Allah, yang kedua syahadat kepada Rasulullah sebagai kekasih Allah.

Beliau juga bercerita kalau anaknya di usia 6 tahun sudah menghapal juz 30, masyaaAllah. Itu yang membimbing tuh istri beliau, katanya dengan cara mendongengkan ayat Al-Qur'an sebelum anaknya tidur~ pokoknya masyaaAllah :')

Beliau berkata kalau beliau pernah bertemu mahasiswa Jepang yang juga seorang Muslim. Mahasiswa itu berkata bahwa di Jepang pada saat usia dua tahun sudah diperkenalkan dengan dunia pendidikan, meskipun memang saat itu mereka belum bisa membaca dan menulis. Setelah lulus kuliah setara jenjang S1 / S2 di Jepang tuh bukan sibuk cari lowongan pekerjaan sana-sini, melainkan merancang untuk membuat pekerjaan. Ini tuh mindsetnya udah jadi bos aja yaaa, bukan lagi kuli atau buruh :'
Malu-lah kita...~

Nah, statement di penghujung tuh beliau berkata...
"Kalau Allah janji tuh, Allah ngga akan mungkir..."
yaaaa... karena sesungguhnya JANJI ALLAH itu PASTI! :)
oiya, sebenarnya ada kalimat dahsyat di akhir pembicaraan beliau~ tetapi apa daya hendak dikata, akunya lupa ><

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang begitu LUAR BIASA dan MANTAB serta DAHSYAT pokoknya❤
Itu tadi beberapa poin yang masih 'hangat' tercatat dalam ingatan. Kurang lebihnya mohon maaf karena Yang Maha Sempurna memang hanya Allah.
salam SEMANGAT! ^0^9
Wassalamu'alaykum :)

Rawakalong, 2014年11月15日

No comments:

Post a Comment