Saturday, May 27, 2017

Ittaqillah (!)


Bismillahirrahmanirrahim.

 
Hari 1
#RamadhanAsyik
#Ramadhan1438H

-
Dalam hadist disebutkan (yang artinya),
"Bertakwalah kepada Allah dimanapun kalian berada. Iringilah setiap keburukan dengan kebaikan, niscaya ia (kebaikan itu) akan menghapuskan keburukan. Dan pergaulilah manusia dengan cara yang baik." [HR. Tirmidzi]

-

Dalam bahasa Arab, kalau ada orang berkata kepada kita ittaqillah (اتق الله), maknanya bukan sekedar bertaqwalah atau takutlah kepada Allah tetapi kalimat itu sudah mengandung ancaman atau setidaknya sebuah tuduhan bahwa kita ini bersalah dalam pandangannya. Oleh karena itu, kalau sampai orang Arab bilang "ittaqillah" kepada kita, maka harus dipahami bahwa orang itu menyalahkan kita dan ungkapan dalam bahasa kita kurang lebih menjadi 'jangan begitu', 'awas', 'hati-hati' dan sejenisnya. (Rancunya Bahasa Terjemahan oleh Ahmad Sarwat,Lc.MA)

Perintah "bertakwa kepada Allah" ini juga disebutkan sebanyak sepuluh kali dalam surah Asy Syu'ara. Sila cek sendiri (^^;)

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya ingin mengingatkan khususnya bagi diri saya pribadi untuk senantiasa menjaga diri serta memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat dengan memperhatikan betul apa-apa saja yang sedang dan akan kita lakukan baik secara lisan maupun dalam perbuatan.

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." [Al Hasyr 59 : 18]

-

No comments:

Post a Comment