Saturday, February 4, 2017

Sebuah Buku: "Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia"

Bismillahirrahmanirrahim.

#Resensi Bulan Februari


Judul Asli : Madza Qaddamal Muslimuna lil 'Alam Ishamaatu al Muslimin fi al Hadharah al Insaniyah
Judul Terjemahan : Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia
Penulis : Prof. Dr. Raghib As-Sirjani
Penerbit : Pustaka Al Kautsar
ISBN : 978-979-592-555-2
Cetakan ke- : 4, bulan Maret
Tahun Terbit : 2015
Tebal: 862 Halaman
Resensor: L. Yuniasari

***

Jika kita masuk mesin waktu menuju kurun pertengahan sekitar abad ke-10 Masehi dan terbang menyusuri kota-kota dunia Islam dan kota-kota dunia Barat, maka kita akan tercengang.

Di satu sisi kita akan melihat dunia yang penuh dengan kehidupan, kekuatan dan peradaban, yakni dunia Islam. Di sisi lain kita akan melihat belahan dunia yang primitif, tak mengenal ilmu pengetahuan dan peradaban, yakni dunia Barat.

Prof. Dr. Raghib As-Sirjani berusaha mengungkap kembali kejayaan Islam tersebut. Beliau menulis buku ini sebagai persembahan untuk peradaban Islam. Sebuah peradaban mengagumkan yang telah menguras perhatian para peneliti objektif dari Barat.

Di dalamnya terdapat dua bagian, yaitu Buku 1 yang memuat lima bab dan Buku 2 yang berisikan delapan bab.

Buku 1

Bab pertama akan membawa kita ke dalam peradaban Islam diantara peradaban masa silam, mulai dari peradaban Yunani; peradaban India; peradaban Persia; dan peradaban Romawi termasuk di dalamnya mengenai peradaban sebelum datangnya Islam.

Bab kedua akan membawa kita mengetahui apa saja peran umat Islam dari berbagai sudut pandang, mulai dari sudut pandang hak-hak tertentu; sudut pandang kebebasan; sudut pandang keluarga; sudut pandang masyarakat; dan juga keterkaitan kaum Muslimin dengan hubungan antar negara.

Bab ketiga akan membawa kita untuk mengenal asas keilmuan dan juga asas pengajaran, termasuk hal-hal terkait keilmuan dan bidang ilmiah sampai dengan perpustakaan serta organisasi keilmuan dalam peradaban Islam.

Bab keempat akan membawa kita untuk mengetahui peranan umat Islam dalam bidang ilmu sains, mengenai perkembangan dan juga penemuannya.

Bab kelima pada bagian ini membawa kita untuk mengetahui peran kaum Muslimin dari sisi akidah, pemikiran dan juga sastra serta bahasan mengenai berbagai macam ilmu yang kian berkembang.

Buku 2

Secara keseluruhan, bagian ini akan membawa kita mengenal kelembagaan dan sistem pemerintahan dalam peradaban Islam. Apabila disebutkan secara berurutan dari bab pertama sampai dengan bab delapan, maka kita akan diperkenalkan mengenai: kekhalifahan dan pemerintahan dalam Islam, kementerian, dewan-dewan, lembaga peradilan, lembaga kesehatan, tempat menginap dan hotel, panorama keindahan peradaban Islam mulai dari seni; alat kerajinan tangan; lingkungan; penampilan manusia; akhlak dan perilaku manusia; nama serta gelar dan juga judul; terakhir kota-kota Islam yang sangat indah, kemudian bab terakhir akan membawa kita untuk mengetahui pengaruh peradaban Islam terhadap peradaban Eropa.

-

Dapat dikatakan bahwa peran peradaban Islam begitu luar biasa dalam membentuk sejarah manusia. Hanya saja, hal ini tidak begitu banyak diketahui oleh manusia termasuk saya pribadi. Tidak sedikit orang di luar sana yang belum mengetahui betul mengenai sejarah peradaban Islam, sekalipun ia adalah seorang Muslim.

Oleh karena itu, saya merasa bahwa Prof. Dr. Raghib As-Sirjani dapat dikatakan berhasil mengungkap puing-puing dari sejarah peradaban Islam dengan bahasa yang ilmiah, realistis dan menarik. Karya beliau yang satu ini benar-benar dirasa telah menjadi suatu persembahan yang sepertinya memang perlu dibaca oleh kita sebagai umat akhir zaman yang masih cukup minim pengetahuan akan sejarah peradaban Islam.

Terakhir, apabila tertarik untuk mengetahui bagaimana keindahan kota besar Islam seperti Baghdad, Damaskus, Cordoba, Granada, Sevilla serta peradaban lainnya sebelum dan setelah peradaban Islam maka menjadi pilihan yang tepat untuk membaca buku ini. Yaaa... meskipun mungkin tidak dapat dilahap habis dalam waktu satu hari, tetapi menjadi suatu hal yang luar biasa ketika kita dapat membaca habis karya-karya yang isinya-pun begitu luar biasa...

"Karakteristik peradaban Islam yang istimewa sama sekali tak ada tandingannya dengan seluruh peradaban lain di dunia. Ketika wajah dunia mulai dihiasi kerusakan karena neraca pemahaman dan keyakinan telah terbalik, maka peradaban Islamlah sebagai solusinya." - Prof. Dr. Raghib As-Sirjani

-

Tertarik untuk membaca? :)

No comments:

Post a Comment