Wednesday, November 23, 2016

We Are All Beginners At The Beginning

Bismillahirrahmanirrahim.

Seberapa sering diri ini olahraga?
Olahraga apa yang biasa dilakukan?
Rutin ngga tuh melakukannya?

Sabtu pagi tanggal 12 November 2016 lalu, saya dan salah seorang #Teman Nulis diberi kesempatan untuk mengikuti kelas Hatta Yoga di Lilou Space yang terletak di Kelapa Dua, Depok.



Sebelumnya, apa sih Yoga itu?
Menurut penelusuran di wikipedia, Yoga (Aksara Dewanagari योग) dari bahasa Sansekerta (योग) berarti "penyatuan", yang bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta". Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan.
Jadi secara sederhana, yoga itu semacam meditasi gitu tetapi bagian tubuh semua aktif dan pokoknya seru deh. ٩(๑❛ᴗ❛๑)۶

Sebelum dilanjut, ketika itu adalah kali pertamanya saya nyobain yang namanya Yoga. Jauh-jauh sebelumnya, mungkin sekitar SMP awal SMA gitu sempat berpikir "Orang kayak aku mah ngga bakalan pernah ikutan yoga deh kayaknya, wong ngga bisa diem...". Persepsi macam itu datang karena beberapa kali melihat yang namanya yoga tuh yang tersorot bagian si yogis (sebutan untuk orang yang melakukan yoga) sedang duduk manis dan berdiam diri, benar-benar seperti sedang bertapa. Tetapi setelah saya tau dan saya rasakan sendiri... yoga tuh ternyata cukup melelahkan tetapi asyik syekali.


Pada awalnya, gerakan dasar yang dilakukan memang masih yang agak santai. Tetapi semakin kesana, semakin menguras keringat dan rasanya seperti cepat-cepat ingin mengakhirinya. Duh~

Karena ini adalah kali pertamanya, saya sempat mendapat teguran dari sang pengajar. Ketika itu bawahan yang saya gunakan adalah celana bahan, sedangkan yang lainnya menggunakan celana lejing ataupun celana trening. Yaaa gimana lagi, namanya juga baru 'mau' tau banget ckck (/ω\*)

Sekitar satu jam asyik melakukan pemanasan dan aneka macam gerakan lainnya, bagian yang lebih asyik adalah ketika pendingingan dimana kita bisa melupakan segala macam rasa lelah yang sebelumnya dirasa. Alhasil, sampai dengan hari berikutnya tidak ada rasa sakit yang tersisa. Ehh, sempat agak merasa aneh di bagian belakang lutut sih, tapi saya rasa mungkin karena belum terbiasa jadinya perlu adaptasi gitu (^^;)

Dari sekian banyak gerakan yang sayapun tidak hafal karena disebutkan menggunakan bahasa Sansekerta, ada nih salah satu yang "waaahh" gitu. Hanya saja, di lokasi ketika itu saya tidak ikut mencobanya..

Ini dia, kaki di kepala - kepala di kaki.. udah gitu tanpa dipegangin pula *o*/
Berikutnya, salah satu yang membuat saya takjub yaitu ketika Mba Hani, salah satu pengajar menjelaskan manfaat gerakan shalat yang dikaitkan dengan gerakan yoga. Wuih, ketjeh betul penjelasan beliau sampai-sampai saya terhenti ketika berniat mencatat poin-poin pentingnya. Yaaa, setidaknya mudah-mudahan masih tersisa dalam ingatan :')

Mengenai yoga, Mba Hani sendiri mengatakan bahwa itu bukan salah satu aktivitas yang menyimpang dari ajaran Agama, kecuali apabila dalam tiap gerakannya diselipkan atau disisipkan kata-kata yang dianggap semacam 'mantra' ataupun puji-pujian kepada selain DIA. Memang, guru ngaji sayapun pernah mengatakan hal yang intinya sama, bahkan guru saya itu sempat beberapa kali ikut yoga dengan tujuan membugarkan tubuh, bukan untuk memuja-muja selain DIA.

FYI.. ini dia jadwal di Lilou Space, barangkali berniat untuk mampir ke tempat yoga yang telah saya datangi sebelumnya ^^


Dan ini rincian harganya ^^/

Jadi, tertarik untuk ikut yoga (lagi) ???

Ini dia para yogis di kelas Hatta Yoga tanggal 12 November 2016 lalu  ٩(๑❛ᴗ❛๑)۶

Terimakasih sudah berkunjung.
Terakhir...
Ini salah satu bagian dari Lilou Space yang paling aku suka karena ada ひまわり disana..

"We Are All Beginners At The Beginning"
Salam sehat serta SEMANGAT!
daaaann.. jangan lupa olahraga...

4 comments:

  1. kelas yoganya keren... pesertanya bisa tendangan ke langit... Seperti melihat Chun Li Street Fighter... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, ira.
      Sebenarnya ada lagi gerakan lainnya juga yang bikin akupun dag dig dug liatnya ><
      Mba Ira pernah yogakah? Nanti share pengalamannya juga ke aku yaaa, mba :D

      Terimakasih sudah berkunjung ^^/

      Delete
  2. Oh, jd gerakannya bahasa Sansekerta gtu yah? Zumba tte nani? Zumba-zumba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, namanya pake bahasa yang buatku ngga bisa hafal dalam sekali dengar :'D

      Nah, sampai sekarang akupun belum tau betul yang namanya zumba. Tapi katanya lebih banyak gerak daripada yoga ._.

      Delete