Friday, June 17, 2016

8 Ramadhan 1437H - Waktu adalah Pedang

Bismillahirrahmanirrahim.

08 Ramadhan 1437H


Imam Syafi’i pernah mendapatkan pelajaran dari orang sufi:
.

الوقت كالسيف فإن قطعته وإلا قطعك، ونفسك إن لم تشغلها بالحق وإلا شغلتك بالباطل
.
“Waktu laksana pedang. Jika engkau tidak menggunakannya, maka ia yang malah akan menebasmu. Dan dirimu jika tidak tersibukkan dalam kebaikan, pasti akan tersibukkan dalam hal yang sia-sia.”



Kali ini sedikit berbicara tentang waktu. Dalam kehidupan sehari-sehari alangkah baiknya kita memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk mengerjakan hal-hal baik, terlebih lagi pada bulan Ramadhan. Kita harus cermat mempergunakan waktu luang untuk memanfaatkan peluang, bukan malah terhanyut dan terbuai karenanya (?)



Alhamdulillah, kisah perjalanan hari ini tuh yaaa sempat beberapa kali teringat sekaligus diingatkan agar dapat memanfaatkan waktu seoptimal mungkin. Pokoknya harus bisa memanfaatkan waktu, termasuk waktu luang dan jangan sampai kitanya yang justru dimanfaatkan olehnya 😢
.
الوقت أنفاس لا تعود
.
"Waktu adalah nafas yang tidak mungkin akan kembali."



Syaikh ‘Abdul Malik Al Qosim berkata, “Waktu yang sedikit adalah harta berharga bagi seorang muslim di dunia ini. Waktu adalah nafas yang terbatas dan hari-hari yang dapat terhitung. Jika waktu yang sedikit itu yang hanya sesaat atau beberapa jam bisa berbuah kebaikan, maka ia sangat beruntung. Sebaliknya jika waktu disia-siakan dan dilalaikan, maka sungguh ia benar-benar merugi. Dan namanya waktu yang berlalu tidak mungkin kembali selamanya.” (Lihat risalah “Al Waqtu Anfas Laa Ta’ud”, hal. 3)



Jadi, sudah sampai mana kita memaksimalkan pemanfaatan waktu yang kita miliki?
*menatap sinis ke depan kaca*



📝 Catatan di penghujung malam dari dan untuk diri sendiri 😌

No comments:

Post a Comment